Friday, February 21, 2014

Browse Manual » Wiring » » » » » » Fresh Graduated Versus Had Experiance

Fresh Graduated Versus Had Experiance



Mencari pekerjaan yang sesuai dengan background pendidikan dan skill gampang-gampang susah. Bila diperhatikan disetiap iklan lowongan kerja selalu ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi pencari kerja. Bisa jadi pekerjaan yang dicari sesuai dengan pendidikan, umur, dsb, tapi selalu ada embel-embel dibelakangnya. Seperti lowongan kerja berikut ini, bandingkan keduanya :


1. SENIOR GEOLOGIST
• Male
• Bachelor Degree in Geological Engineering
Minimum 6 years experiences in Geological Exploration
• Experience in evaluation geology for Senior Geologist
• Able to make a progress repot of exploration
• Having knowledge about JORC
• Having Knowledge about Geological/Mining software skills (minescape, etc)
• Must have leadership skills
• Available and willing to travel
• Able to work under pressure and multitask


2. Logistic Staff
- Male
- Min S-1 any major of study
- Fresh Graduated
- Knowledge in handling, lifting & transport operations, basic knowledge of marine & drilling operations
- Willing to be placed in West Papua

Dari dua iklan diatas terlihat perbedaan lowongan kerja untuk yang sudah berpengalaman (Had experience ) dan yang baru lulus (fresh graduated). Mengapa perusahaan sering memberlakukan kriteria demikian?

Fresh Graduated ( baru lulus)
Perusahaan membutuhkan tenaga kerja kriteria ini, disebabkan karyawan tersebut masih hijau, memiliki rasa ingin tahu yang besar, kemauan belajar yang tinggi, dengan harapan lebih optimal dan relatif mudah dibentuk. Dan sangat jarang sekali fresh graduted dibutuhkan untuk mengisi posisi penting atau bisa dikatakan hanya untuk mengisi posisi junior karena mereka belum memiliki pengalaman.

Bukan cerita baru jika Fresh graduated atau anak kemaren sore lebih disukai perusahaan disebabkan mereka  belum banyak tingkah, bisa dipingpong, masih Nol tentang dunia kerja, lagipula dalam negoisasi soal gaji / salary, mereka tidak neko-neko alias yang penting diterima bekerja. Seorang fresh graduated sudah merasa senang menerima gaji 3jt dibandingkan dengan calon karyawan yang sudah berpengalaman pada level jabatan yang sama.

Kekurangan fresh graduated, terkadang mereka suka ke-PeDe-an, sehingga bersikap seenaknya saja. Akhirnya kurang patuh pada aturan-aturan yang ditetapkan perusahaan dan Kinerja mereka-pun masih kurang optimal dan serius. Jika perusahaan dalam posisi colaps atau merugi, kebanyakan fresh graduated yang lebih dulu dirumahkan atau di PHK.

Had Experience ( pengalaman kerja)
Untuk posisi tertentu dan jabatan penting, calon karyawan yang sudah berpengalaman lebih dibutuhkan.  Mengapa demikian? Sangat wajar jika perusahaan membutuhkan personil yang siap pakai alias tidak harus diajari dahulu, handal dan profesional demi menghadapi persaingan dunia usaha dan demi kokohnya sebuah perusahaan, meskipun perusahaan harus cenderung boros untuk membayar gaji karyawan tersebut.

Negosiasi gaji seringkali berpolemik karena karyawan yang sudah punya pengalaman kerja, akan meminta gaji lebih tinggi lagi daripada perusahaan lama yang sudah ditinggalkannya.  Merekapun lebih serius bekerja dan disiplin. Namun dari sisi loyalitas ( lama tidaknya mereka bekerja), antara fresh graduated dan berpengalaman, semuanya tergantung kinerja dan kebijaksanaan perusahaan.

Lain Indonesia lain pula perusahaan luar negri. Jika di Indonesia menetapkan batas umur karyawan  untuk pensiun dan lebih menyukai fresh graduated, di luar negri justru sebaliknya. Mereka tidak membatasi umur seorang karyawan, semakin tua semakin dibutuhkan. Kenapa? Mereka lebih nyaman dengan tenaga profesional, yang notabene sudah lama malang melintang didunia kerja. Tingkat produktifitas tidak dilihat dari usia. Mau bukti, silahkan anda yang fresh graduated melamar kerja di perusahaan luar negri atau paling tidak yang holding company. Sehari dua hari anda tidak bisa kerja, langsung dipecat, apalagi jika pimpinannya orang korea, jepang, china (asli)

Well, jika ada yang ingin menambahkan dan berkomentar tentang artikel ini, silahkan berkomentar pada kolom bawah yang sudah disediakan. Sebagai info tambahan, untuk lowongan pekerjaan kunjungi website JobsDB.com dan bagian tambang silahkan akses di Petromindo.com.Terima kasih dan semoga mendapat pencerahan

No comments:

Post a Comment